Tahapan Inovasi : Implementasi
Digital : Non Digital
Inisiator Inovasi : ASN
Urusan Inovasi : Kesehatan
Panduan Teknis Inovasi :

Pedoman Teknis Inovasi Hotline Ponek

Bentuk Inovasi : Inovasi Pelayanan Publik
Tujuan Inovasi :

Mempercepat pelayanan kepada pasien

Manfaat Inovasi :

1. Memberikan rasa nyaman pada pasien ataupun tenaga kesehatan yang akan meruju
2. Mempercepat tindakan lanjutan yang akan dilakukan kepada pasien yang telah dirujuk.

Hasil Inovasi :

Meningkatkan kunjungan PONEK karena pasien dilayani dengan cepat dan maksimal

Uji Coba Inovasi : 2023-01-02
Implementasi Inovasi : 2023-02-02
Link Youtube :

🎥 Tonton Inovasi Hotline Ponek

Latar Belakang Inovasi :

DASAR HUKUM

  1. Undang -Undang No. 17 tahun 2023 tentang Kesehatan
  2. Keputusan Menteri Kesehatan NO. 1051 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK) 24 Jam di Rumah Sakit
  3. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah

PERMASALAHAN

Permasalahan Makro

Angka kematian ibu dan angka kematian bayi merupakan salah satu indikator derajat kesehatan suatu Negara. Dalam rangka turut serta untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, maka RSUD Panaman telah berupaya untuk menyelenggarakan pelayanan maternal dan perinatal.

Dalam menghadapi persaingan pelayanan kesehatan yang semakin ketat, setiap rumah sakit dituntut untuk memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan. Kegiatan peningkatan mutu Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK) perlu suatu program yang terencana dan berkesinambungan sebagai pedoman bagi pelayanan dalam mengevaluasi dan membuat rencana tindak lanjut sehingga tercapai peningkatan mutu pelayanan yang diharapkan dengan indikator penurunan Angka kematian Ibu dan angka kematian bayi.

Dalam hal meningkatkan reaksi cepat dan tanggap masalah, dibentuklah sebuah hotline yang bertujuan untuk mempercepat pelayanan yang diberikan kepada pasien yang akan datang ke RSUD Pariaman, yang sebelumnya telah mendapatkan pelayanan dari Faskes 1 yang membutuhkan tindakan lebih lanjut (rujukan).

Permasalahan Mikro

Permasalahan yang dihadapi oleh tenaga kesehatan yang akan merujuk pasien ke faskes yang lebih lengkap yaitu lambatnya respon dari penerima rujukan sehingga penanganan pasien menjadi terhambat.

 ISU STRATEGIS

Global

Kesehatan ibu dan bayi merupakan tujuan ketiga dari pembangunan berkelanjutan yang merupakan komitmen global dan nasional untuk menyejerahterakan masyarakat.

Nasional

Pelayanan obstetrik dan neonatal emergensi komprehensif merupakan salah satu kegiatan pelayanan rumah sakit sayang ibu dan bayi dan mendukung program nasional.

Lokal

Rumah Sakit Umum Daerah Pariaman sebagai rumah sakit sayang ibu dan bayi, menerapkan hotline ponek agar persiapan terhadap pasien yang akan diterima ditempat rujukan menjadi lebih cepat. Faskes yang akan merujuk pun tidak perlu berlama-lama dengan pengisian aplikasi, cukup dengan WA atau telepon.

 

METODE PEMBAHARUAN

Kondisi Sebelum Inovasi

Banyak pasien yang belum terlayani maksimal karena lambatnya persiapan dari tempat rujukan

Kondisi Setelah Inovasi

Pasien terlayani maksimal sehingga jumlah kunjungan PONEK meningkat dari sebelumnya di tahun 2022 sebanyak 957 menjadi 1769 di tahun 2023.

KEUNGGULAN

  1. Tidak menambah biaya kepada pasien
  2. Mudah dilaksanakan

TAHAPAN / CARA KERJA INOVASI

  1. Petugas yang akan merujuk mengirim WA terkait data pasien yang akan dirujuk, bisa dengan melampirkan hasil Labor jika sudah dilakukan atau petugas bisa langsung menelepon ke HOTLINE PONEK.
  2. Petugas PONEK akan menindaklanjuti rujukan yang diterima
  3. Petugas PONEK memastikan kesediaan ruangan Perinatologi ataupun ruangan rawatan.
  4. Petugas PONEK yang telah menerima rujukan, akan menyetujui rujukan jika kondisi di RS memungkinkan
  5. Petugas mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan.