| Tahapan Inovasi | : | Implementasi |
| Digital | : | Non Digital |
| Inisiator Inovasi | : | ASN |
| Urusan Inovasi | : | Kesehatan |
| Panduan Teknis Inovasi | : | Pedoman Teknis Inovasi Si Ajo Pai Anta Ubek |
| Bentuk Inovasi | : | Inovasi Pelayanan Publik |
| Tujuan Inovasi | : |
1. Mengurangi waktu tunggu obat pasien di apotik |
| Manfaat Inovasi | : | 1. Tidak ada komplain terkait lamanya waktu tunggu obat di apotik |
| Hasil Inovasi | : | 1. Ruang tunggu apotik menjadi lebih nyaman karena tidak terjadi penumpukan pasien |
| Uji Coba Inovasi | : | 2023-01-02 |
| Implementasi Inovasi | : | 2023-02-02 |
| Link Youtube | : | |
| Latar Belakang Inovasi | : | DASAR HUKUM Dasar Hukum dibentuknya inovasi Si Ajo Pai Anta Ubek,antara lain :
PERMASALAHAN Persoalan Makro Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang cepat semakin tinggi Persoalan Mikro
ISU STRATEGIS - Global Keselamatan pasien (patient safety) - Nasional Penguatan Pelayanan Kesehatan terkait obat - Local Kecepatan pelayanan obat pasien METODE PEMBAHARUAN - Kondisi sebelum adanya inovasi 1. Terjadinya Penumpukan antrian Pasien saat pengambilan obat di apotik RSUD Pariaman sehingga tidak tertampung dengan kapasitas ruang tunggu yang ada. 2. Meningkatnya complain terhadap lamanya waktu tunggu obat di apotik RSUD Pariaman yang menyebabkan tingkat stres petugas menjadi tinggi 3. Petugas Apotik pulang kerja melewati jam dinas hingga 3 - 4 jam, bahkan bisa sampai malam hari masih melayani pengambilan obat pasien. - Kondisi setelah adanya inovasi Dengan adanya inovasi Si Ajo Pai Anta Ubek permasalahan waktu tunggu pelayanan obat di apotik RSUD Pariaman yang pada awalnya memakan waktu 2,5 sampai 3,5 jam, setelah adanya inovasi ini maka pasien area Kota Pariaman yang resep obatnya masuk diatas jam 12 siang tidak perlu menunggu lagi karena pasien bisa langsung pulang setelah menyerahkan Surat Eligibilitas Pasien (SEP) ke apotik dan mendaftar di loket SI AJO PAI Anta Ubek. Pasien akan menerima obat keesokan harinya yang diantar langsung oleh petugas rumah sakit ke tempat tinggal pasien.
Inovasi Si Ajo Pai Anta Ubek mampu menekan komplain pasien terhadap pelayanan obat di apotik. Dengan adanya inovasi SI AJO Pai Anta Ubek ini, petugas apotik juga bisa pulang tepat waktu tanpa harus melaksanakan lembur hingga malam hari dalam melayani pengambilan obat pasien. KEUNGGULAN/KEBAHARUAN Keunggulan dari program Inovasi Si Ajo Pai anta ubek ini antara lain :
CARA KERJA INOVASI
Petugas Call Center Apotik siap menerima laporan/pertanyaan/keluhan pasien melalui nomor : 0852 7818 5875 |
