Tahapan Inovasi : Implementasi
Digital : Non Digital
Inisiator Inovasi : ASN
Urusan Inovasi : Kesehatan
Panduan Teknis Inovasi :

Pedoman Teknis Inovasi Si Ajo Pai Anta Ubek

Bentuk Inovasi : Inovasi Pelayanan Publik
Tujuan Inovasi :

1. Mengurangi waktu tunggu obat pasien di apotik
2. Mengurangi penumpukan pasien di apotik
3. Mengurangi stress petugas akibat penumpukan pasien di apotik

Manfaat Inovasi :

1. Tidak ada komplain terkait lamanya waktu tunggu obat di apotik
2. Tidak terjadi penunmpukan pasien dan keluarga pasien di apotik

Hasil Inovasi :

1. Ruang tunggu apotik menjadi lebih nyaman karena tidak terjadi penumpukan pasien
2. Suasana kerja petugas menjadi lebih tenang dan kondusif
3. Peningkatan kepuasan pasien terhadap layanan apotik
4. Meningkatkan kolaborasi antar petugas dalam pelayanan obat

Uji Coba Inovasi : 2023-01-02
Implementasi Inovasi : 2023-02-02
Link Youtube :

🎥 Tonton Inovasi Si Ajo Pai Anta Ubek

Latar Belakang Inovasi :

DASAR HUKUM

Dasar Hukum dibentuknya inovasi Si Ajo Pai Anta Ubek,antara lain :

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan;
  2. Undang-undang Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran.
  3. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 72 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Rumah Sakit

PERMASALAHAN

Persoalan Makro

Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang cepat semakin tinggi

Persoalan Mikro

  1. Meningkatnya Jumlah Pasien Rawat Jalan di RSUD Pariaman
  2. Penambahan jumlah pasien rawat jalan yang signifikan menyebabkan waktu tunggu obat di Instalasi Farmasi meningkat
  3. Adanya kelompok - kelompk rentan yang membutuhkan pelayanan segera.

ISU STRATEGIS

Global

Keselamatan pasien (patient safety)

Nasional

Penguatan Pelayanan Kesehatan terkait obat

Local

Kecepatan pelayanan obat pasien

METODE PEMBAHARUAN

Kondisi sebelum adanya inovasi

1. Terjadinya Penumpukan antrian Pasien saat pengambilan obat di apotik RSUD Pariaman sehingga tidak tertampung dengan kapasitas ruang tunggu yang ada.

2.  Meningkatnya complain terhadap lamanya waktu tunggu obat di apotik RSUD Pariaman yang menyebabkan tingkat stres petugas menjadi tinggi

3.  Petugas Apotik pulang kerja melewati jam dinas hingga 3 - 4 jam, bahkan bisa sampai malam hari masih melayani pengambilan obat pasien.

Kondisi setelah adanya inovasi

Dengan adanya inovasi Si Ajo Pai Anta Ubek permasalahan waktu tunggu pelayanan obat di apotik RSUD Pariaman yang pada awalnya memakan waktu 2,5 sampai 3,5 jam, setelah adanya inovasi ini maka pasien area Kota Pariaman yang resep obatnya masuk diatas jam 12 siang tidak perlu menunggu lagi karena pasien bisa langsung pulang setelah menyerahkan Surat Eligibilitas Pasien (SEP) ke apotik dan mendaftar di loket SI AJO PAI Anta Ubek. Pasien akan menerima obat  keesokan harinya yang diantar langsung oleh petugas rumah sakit ke tempat tinggal pasien.

 

Inovasi Si Ajo Pai Anta Ubek mampu menekan komplain pasien terhadap pelayanan obat di apotik. Dengan adanya inovasi SI AJO Pai Anta Ubek ini, petugas apotik juga bisa pulang tepat waktu tanpa harus melaksanakan lembur hingga malam hari dalam melayani pengambilan obat pasien.

KEUNGGULAN/KEBAHARUAN

Keunggulan dari program Inovasi Si Ajo Pai anta ubek ini antara lain :

  1. Pasien dan keluarga pasien tidak perlu menunggu antrian obat, karena obat langsung diantar petugas ke rumah
  2. Mengurangi complain dari pasien/keluarga pasien
  3. 3. Mengurangi stres petugas apotik dalam memberikan pelayanan

CARA KERJA INOVASI

  1. Pasien yang akan diantar obatnya mendaftar ke loket pendaftaran SI AJO PAI ANTA UBEK
  2. Petugas loket melakukan identifikasi pasien sesuai syarat layanan
  3. Petugas loket membuat daftar pasien yang mendapat layanan dan langsung menggabungkan ke Grup WA SI AJO PAI ANTA UBEK
  4. Petugas Apotek menerima daftar pasien dari Petugas Loket
  5. Petugas Apotek menyiapkan obat
  6. Petugas Apotek menyerahkan obat kepada Tim Pengantar Obat (SI AJO) besok harinya
  7. Tim Pengantar Obat (SI AJO) mengantar obat ke rumah pasien
  8. SI AJO mencek kecocokan data pasien dengan obat yang diberikan
  9. SI AJO mendokumentasikan penyerahan obat kepada pasien / keluarga

Petugas Call Center Apotik siap menerima laporan/pertanyaan/keluhan pasien melalui nomor : 0852 7818 5875